Minggu, 03 Juni 2012

TENTANG SIDOMULYO


Wilayah desa Sidomulyo secara geografis berada di 421000 mt– 426000 mt; 9123000 mU-9119000mU. Dilihat dari topografinya ketinggian wilayah sidomulyo berada pada 30 m  diatas permukaan laut, dengan curah hujan rata rata 20 mm/tahun serta suhu rata rata pertahun 30 derajat  selcius dengan kelembaban 70 % pertahun.
Secara atministratif Desa Sidomulyo terletak di Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul.   Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Panjangrejo Pundong, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Tirto sari, sebelah timur berbatasan dengan Desa Sanden, dan sebelah utara berbatasan dengan Desa Mulyodadi Bambanglipuro.
Desa Sidomulyo  Memiliki Potensi lahan pekarangan 150.55 ha,  Jumlah petani 1669 orang. Memiliki  jalur alternatif yang sangat strategis yaitu jalur Paris dan jalan Samas. Sidomulyo memiliki semboyan Intan berseri yang artinya Intelektual Inovatif berbasis Pada Usaha di Bidang Pertanian dan Peternakan, Perikanan, Industri Rumah Tangga sehingga menjadi Desa Yang Bersih sehat dan Asri.
Tanaman pekarangan yang dominan di desa Sidomulyo adalah tanaman Pisang. Tanaman Pisang merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi, bonggol, Batang, Daun dan Buah  semua dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia.
Bonggol pisang dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan Bibit BIT, keripik bonggol pisang. Batang/pelepah pisang dapat dijadikan bahan kerajinan, seperti lampu, kursi, tas dll. Buah pisang selain dapat langsung dimakan dapat dijadikan bahan dasar untuk pembuatan aneka kue dan roti pisang.
Sejak tahun 2004 Pemerintah Desa Sidomulyo mengalakkan masyarakat Sidomulyo untuk membudidayakan tanaman pisang raja. Buah pisang raja, merupakan buah pusaka. Pada bulan bulan tertentu buah Pisang raja bernilai ekonomis yang sanggat tinggi. Harga pisang raja persisir dapat mencapai 100 ribu / sisir.Pemerintah desa Sidomulyo melalui APBDES memfasilitasi modal Rp 500.000 untuk penanaman Pisang Raja  di wilayah desa Sidomulyo.

Gb 1. Sosialisasi penanaman pisang raja oleh bapak kepala Desa Sidomulyo (Bpk Eddy Murdjoto., S pd)


 Gambar 2.Tugu Pisang Raja


Tugu Pisang Raja atau tugu selamat datang merupakan sarana yang dibangun pemerintah Desa Sidomulyo untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa Desa Sidomulyo merupakan desa penghasil pisang (bibit , buah dan aneka olahan).
Pada Tahun 2007 .Program pembelajaran FEATI. Adalah program peningkatan kemampuan petani melalui teknologi dan informasi pertanian yang dilaksanakan melalui kegiatan penyuluhan yang dikelola oleh petani. Pelaksana kegiatan dalam pembelajaran adalah UPFMA. UPFMA merupakan roh dari kegiatan FEATI . Dari kompilasi produk unggulan diperoleh bahwa komuditas yang paling utama adalah pisang. Dari rembug tani desa sisepakati bahwa pembelajaran yang diangkat adalah pembelajaran Agribisnis Pisang. Dengan Tujuan utama dapa mendukung sidomulyo menjadi Banana Center (One Stop Shoping Banana Here).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar